Seniman IT

Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi



A. KONSEP DASAR TEKNOLOGI DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Pengertian Teknologi : 

 Teknologi adalah penerapan ilmu pengetahuan (kombinasi teknik ilmiah dan material) untuk memenuhi tujuan atau memecahkan suatu masalah.

Pengertian Teknologi Informasi : 

 Teknologi Informasi adalah pengembangan teknologi dan aplikasi dari computer dan teknologi berbasis komunikasi untuk memproses, penyajian, mengelola data, dan informasi,termasuk di dalamnya pengembangan hardware dan software yang berhubungan dengan computer.

Beberapa Contoh Penerapan Teknologi Informasi dalam berbagai Bidang untuk Mengoptimalkan Sumber daya yang dimiliki : 

  1.  Bidang Pendidikan 

Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman. Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik. 

     2.  Bidang Kesehatan 

Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam bidang kesehatan salah satunya ialah sistem yang berbasis kartu cerdas (smart card). Sistem ini dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit, karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien.

     3.  Bidang Perbankan 

Dalam dunia perbankan, contoh penerapan Teknologi Informasi adalah telah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. 

     4. Bidang Bisnis 

Dalam dunia bisnis yang sangat erat kaitannya dengan transaksi jual-beli, pemanfaatan Teknologi Informasi dapat dimanfaatkan pula untuk sarana perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce. E-Commerce adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.  

     5. Bidang Pemerintahan

Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut dengan e-goverment membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dirancangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.

     6. Perusahaan

Penerapan Teknologi Informasi menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.

Beberapa Contoh Teknologi Informasi :

  • Pengiriman SMS (Short Message Service) 
  • Pengiriman MMS (Multi Media Service) 
  • Pengiriman e-mai
  • Akses Facebook
  • Aplikasi SIM Akademik
  • Saling bertukar file lagu menggunakan handphone melalui Bluetooth
B. PENGENALAN KOMPUTER HARDWARE, SOFTWARE, DAN BRAINWARE

Aspek Komputerisasi 

1. Aspek Teknis, yaitu Hardware, Software, Brainware 
2. Aspek Non Teknis, yaitu Dukungan Manajemen dan Displin Baru 

Definisi Komputer, yaitu peralatan (device) yang bekerja dibawah kontrol program yang tersimpan yang secara otomatis menerima, menyimpan dan memproses data untuk menghasilkan informasi yang merupakan hasil dari pemrosesan tersebut.

Klasifikasi Komputer

1. Berdasarkan Jenis Data Yang Diolah : 
  • Komputer Analog (Analog Computer)
  • Komputer Digital (Digital Computer)
  • Komputer Hibrid (Hybrid Computer)
2. Berdasarkan Bidang Masalah (Kegunaan) :
  • Special Purpose Computer
  • General Purpose Computer
3. Berdasarkan Kemampuan Komputer :
  • Small Scalle Computer
  • Medium Scalle Computer
  • Large Scalle Computer
4. Berdasarkan Ukuran Fisik Komputer :
  • Komputer Mini (Mini Computer)
  • Komputer Mikro (Micro Computer)

Generasi Komputer

        1. Generasi Ke – 1 (1945 – 1959)
                Ciri – cirinya : 
    • Menggunakan tabung hampa (electronic vacuum tubes)
    • Jumlah tabung hampa yang digunakan kurang lebih 18.000 tabung hampa.
    • Berat tabung hampa kurang lebih 30 ton. 
    • Banyak mengeluarkan panas.
    • Kecepatan proses masih rendah.
    • Penyimpanan data masih terbatas.
        2. Generasi Ke – 2 (1959 – 1965)    
                Ciri – cirinya : 
    • Menggunakan transistor atau disebut juga solid state devices.
    • Secara fisik, makin ringan dan kecil dibanding generasi I.
    • Penggunaan memori/storage semakin besar.
    • Proses lebih cepat.
    • Mulai digunakannya on-line data processing. 
    • Mulai digunakan disk storage (penyimpanan data)
        3. Generasi Ke - 3 (1965 – 1970)
                Ciri – cirinya :    
    • Menggunakan multiprocessing dan multiprogramming.
    •  Menggunakan Visual Display terminal, menampilkan grafik, menerima dan menampilkan suara.
    • Menggunakan MIRC (Magnetic Ink Characters Recognation)
        4. Generasi Ke - 4 (Sejak Tahun 1970)
                Ciri – cirinya :    
    • Menggunakan LSI yang dikembangkan menjadi VLSI. 
    • Teknologi pembuatan VLSI disebut dengan MOS teknologi merupakan pemadatan ribuan transistor ke dalam suatu chip. 
    • Chip ini disebut juga dengan C-MOS (Chip Metal Oxide Semi Conductor) karena terbuat dari metal (logam/aluminium) melalui proses oksidasi dan bersifat semi konduktor.
        5. Generasi Ke - 5 (dimulai tahun 1995)
    • Berkembangnya software baru: Ms. Windows, OS/2, Linux, dll. 
    • Komputer mempunyai kemampuan dalam berbagai bidang sehingga disebut sebagai Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligent/AI) . Dalam AI ini dikembangkan Sistem Pakar (expert System), Robot dan sebagainya. 
    • ICOT (Institute for New Computer Technology) di Jepang mengembangkan komputer yang dapat berbicara dengan manusia, mendiagnosa masalah, hemat energi dan sebagainya. 
        6. Generasi Ke – 6
                    Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah                         dan memiliki kemampuan diantaranya melihat,mendengar,berbicara,dan berpikir serta                            mampu membuat kesimpulan seperti manusia.Ini berarti komputer memiliki kecerdasan                         buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia.Kelebihan lainnya                                             lagi,kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi,bisa berkomunikasi                     langsung dengan manusia,dan bentuknya semakin kecil.Yang jelas komputer masa depan                        akan lebih menakjubkan.

        7. Generasi Ke – 7
                    Ciri – cirinya :    
    • Seperti modul pada pentium II, yang rancangan sepenuhnya milik AMD. Socket tersebut disebut Slot A. 
    • Kecepatan clock 600 MHz merupakan versi pertama. 
    • Cache L2 mencapai 8MB. 
    • Cache L1 128 KB.
    • Berisi 22 Juta transistor (Pentium III hanya 9.3 Juta transistor).
    • Bus Jenis Baru.
    • Jenis Bus sistem yang benar-benar baru, yang pada versi pertama akan bekerja pada 200 MHz. Kecepatan RAM 200MHz Merupakan dua kali lebih cepat dari semua CPU Intel yang ada.
HARDWARE, Yaitu mendeskripsikan semua elemen elektronik dan mekanik dari komputer, bersama dengan peralatan yang digunakan komputer. Contoh: keyboard, CPU, Harddisk,dll. 

SOFTWARE, Yaitu komponen dalam data processing system yang berupa program-program dan teknik-teknik lain untuk mengontrol sistem. Contoh : Ms. Windows, Ms.Excel, dll. 

BRAINWARE, Yaitu orang yang bekerja dalam instansi komputer dan beberapa masalah yang berhubungan dengannya. Contoh : Analys System, Programmer, dll


C. KONSEP DASAR KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Pengertian Komunikasi

    Istilah Komunikasi berpangkal pada perkataan latin Communis yang artinya membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih.

Pengertian Teknologi Komunikasi

    Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras(hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya.

Komunikasi merupakan suatu proses pemindahan dan penerimaan lambing -lambang yang mengandung makna dari komunikator kepada komunikan. Schramm menyampaikan pengertian komunikasi ke dalam tiga hal pokok sebagai berikut. 

a. Penyandi (Encode) yaitu komunikator yang mempunyai informasi atau pesan yang disajikan dalam bentuk code atau sandi, seperti: tulisan, bahasa lisan, verbal simbol dan visual simbol. 

b. Signal (Sign),yaitu berupa pesan, berita atau pernyataan tertentu yang ditujukan dan diterima seseorang. Pesan ini dapat diluiskan dalam bentuk gerak tangan, mimik wajah, kata - kata lisan, tulisan, gambar, foto, diagram, tabel, dan lainnya. 

c. Decoder, yaitu komunikan yang menerima pesan atau penerima sandi atau lambang yang harus dipahami dan dimengerti makna dari pesan yang disampaikan


Penerapan Teknologi Informasi 

1. Proses Penerapan teknologi Komunikasi
        
        Proses implementasi (penerapan) teknologi komunikasi merujuk pada model inovasi dalam buku “communication Tecnology “, The New Media in Society diperkenalkan oleh Everett M.Rogers.
Terdapat 2 tahapan dalam proses penerapan teknologi komunikasi, yaitu : 
a. Tahapan inisiasi, usaha untuk mengumpulkan informasi tentang teknologi komunikasi, memahami         dengan seksama dan merencenakannya untuk mengadopsinya.
b. Tahapan implementasi, seluruh kegiatan yang dilakukan untuk menggunakan teknologi komunikasi        yang di inginkan

2. Perspektif tentang Penerapan Teknologi Komunikasi.

Perspektif tentang penerapan teknologi komunikasi adalah : 
  • Teknosentrik, terciptanya suatu perubahan dan dianggap sebagai faktor yang dominan yang focus terhadap kapasitas dan tersedianya teknologi.
  • Sosiosentrik, focus pada situasi social yang terdapat pada sebuah lemabaga / organisasi . contoh : isu isu social dan perubahan social. 
  • Konflik, tertuju pada proses pengambilan keputusan . misalnya : untuk menyelesaikan suatu konflik dibutuhkan penyelesaian dengan cara politik.
  • Desain system, tertuju mulai dari teknologi , social , budaya dan politik, yang dikenal dengan sebutan “Siklus Kehidupan Sistem”.
3. Pelaku Teknologi Komunikasi

Dalam rangkaian sumber, penyampaian dan penerimaan informasi ada beberapa pihak yang tersangkut dan saling tergantung satu dengan yang lainnya, yaitu :
  • Pemakai 
  • Perusahaan penyedia jasa telekomunikasi
  • Produsen peralatan komunikasi
  • Badan yang mengatur/mengkoordinir seluruh kegiatan komunikasi dari segi ekonomis dan teknis dalam mengadakan peraturan, standar, harga patokan, dan lain-lain.
Pengertian Informasi

        Informasi adalah sejumlah data yang telah diolah melalui pengolahan data dalam rangka menguji tingkat kebenarannya dan ketercapaiannya sesuai dengan kebutuhan.

Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan dari informasi yaitu: 
(1) Informasi merupakan hasil pengelolahan data, 
(2) memberikan makna, dan 
(3) berguna atau bermanfaat.

Jenis-jenis informasi, meliputi: 

a. absolute Information 
b. Substitutional Information
c. Philosophic Information
d. Subjective Information
e. Objective Information
f. Cultural Information

Komponen- komponen Informasi

Berdasarkan analisis pendekatan sistem informasi ada beberapa komponen informasi, yaitu: 
a. Root of Information
b. Bar of Infotmation
c. Branch of Information
d. Stick of Information,
e. Bud of Information
f. Leaf of information

Unsur-unsur teknologi komunikasi adalah
  • Informasi Dapat berupa tulisan, suara, musik, gambar,dan data yang memiliki spektrum frekuensi dan bentuk-bentuk yang berbeda.
  • Alat yang dipergunakan untuk meneruskan informasi 
  • Dengan media transmisi dan sistem modulasi.
Rusman, dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Post a Comment

0 Comments